Ilham Rabbani

@kontributor 7/30/2023




Ilham Rabbani, lahir di Lombok Tengah, 9 September 1996. Alumnus Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Magister Sastra, Universitas Gadjah Mada (UGM). Selain menjalani serangkaian pendidikan formal, pada tahun 2016 tercatat pula sebagai alumnus “Kelas Esai”, Program Sekolah Menulis yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta (BBY). Terlibat dalam pengelolaan kelompok belajar sastra Jejak Imaji di Yogyakarta sejak tahun 2015 hingga hari ini. 

Aktif memublikasikan tulisan-tulisan berupa puisi, esai, resensi, laporan jurnalistik, dan kritik sastra akademik di jurnal-jurnal nasional. Selain pernah mendapatkan sejumlah penghargaan, tulisan-tulisannya juga tayang di media massa cetak dan daring seperti Koran Tempo, Lombok Post, Koran Sindo, Merapi, Minggu Pagi, Basabasi.co, Bacapetra.co, Beritabaru.co, Sastramedia.com, Dialektikareview.org, Kibul.in, Jejakimaji.com, SKSP-Literary.com, Cerano.id, Haripuisi.com, Lensasastra.id, Omong-omong.com, Mata Budaya, Kreativa, dan lain-lain. Sementara itu, karya-karyanya yang telah diterbitkan dalam bentuk buku adalah kumpulan esai Perihal Sastra & Tangkapan Mata (2021) dan buku kajian Sastra, Kedaruratan, Pahlawan (2022).

Saat ini beralamat di Jagalan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dapat dihubungi via akun: Instagram @_ilhamrabbani; Twitter @IlhamRabbani09; atau surel ilhamrabbani505@gmail.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »